Selasa, 27 Maret 2018

5 Contoh Analisis Pemikiran Yang Kreatif Yang Perlu Kita Kembangkan


Analisis kreatifitas adalah bagaimana sikap dan cara kita berfikir terhadap sesuatu benda sampai bisa menguraikan bagian-bagiannya. Dengan kebiasaan untuk berpikir secara kreatif akan memungkinkan kita dalam mengatasi setiap hambatan yang ada. Termasuk di dalamnya kemampuan bekerja lepas dengan baik, klien lebih baik juga, serta kemampuan melewati kondisi sesulit apapun. Semua ini tentu tak lepas dari analisis pemikiran yang kreatif yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hanya satu dari empat orang bisa dipercaya untuk memenuhi potensi kreatif ini. Hal ini tentu sangat menyedihkan sekali, karena kita kadang terganggu oleh permintaan klien atau organisasi. Selain itu kita harus memiliki inspirasi setinggi langit agar bisa berkembang dengan baik. Kadang inspirasi itu datang tidak hanya dari situs internet tapi bisa juga dari diri sendiri. Bukan cuma ketrampilan kita saja yang meningkat, tapi dari segala macam segi kita juga bertambah baik. Inilah yang kita sebut sebagai bentuk pemikiran yang kreatif.

Analisis Pemikiran Yang Kreatif Perlu Di Kembangkan Dalam Kehidupan Sehari-hari


Kalau kita ingin berkembang dalam segala segi kehidupan, kita dituntut untuk mempunyai jalan pemikiran yang selalu kreatif.  Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu dipelajari agar punya pemikiran yang kreatif:

1. Mempelajari Sesuatu Yang Baru Setiap Hari


Ada kiat sederhana yang wajib kita ketahui agar menjadi orang sukses serta memiliki kehidupan yang layak. Semua yang diluar sana adalah kehidupan orang-orang yang dibawah kita, jadi dengan gampang kita bisa mempengaruhi dan merubah nya. Jika kita memiliki analisis pemikiran yang kreatif pasti tidak membiarkan prestasi orang lain mempengaruhi karya kita. Seandainya kita berpikir tidak bisa menulis novel, kode website, atau membuat satu produk yang diperlukan orang banyak maka pikirkanlah lagi. Kita harus memotivasi diri sendiri agar selalu berpikiran kreatif, punya ide-ide cemerlang, semangat dalam menjalankan tugas-tugas.

Sebagai seorang penulis freelance pasti membutuhkan banyak referensi dari berbagai sumber. Perpustakaan bisa menjadi salah satu acuan untuk mengembangkan kreatifitas menulisnya. Kreatifitas bisa terjadi kalau kita berusaha untuk mencoba dan mempelajari hal yang baru tiap harinya. Lambat laun hal ini pasti akan menjadi kebiasaan yang kita miliki dan jalan pikiran kita pun akan bahagia.

2. Menyambungkan Titik-titik


Ibarat kata daya kreatifitas itu ibarat menyambung titik-titik. Analisis Pemikiran yang kreatif pasti akan menghasilkan gagasan-gagasan yang bagus. Pada saat kita melihat hubungan dengan beberapa fakta, kita pasti bisa menciptakan satu hal berbeda pula. Hal seperti inilah yang diharapkan oleh seorang klien. Dengan cara  mengembangkan ketrampilan yang luas diharapkan untuk menemukan ketertarikan suatu gagasan.

Hubungan antara gagasan yang satu dengan gagasan yang lain tidak akan terjadi kecuali jika kita mau menjelajahinya. Mulailah dengan cara meningkatkan pemikiran yang kreatif. Misalnya saja sebagai seorang penulis mempelajari fotografi, seorang perancang mempelajari pengembangan.

3. Lihat Potensi Diri Dan Buat Sebuah Daftar


Berhentilah berpikir hanya karena uang, teknologi, atau pendukung yang lain dibelakang ide kita belum tersedia. Suatu saat pasti menjadi kenyataan, apa yang tersimpan dalam mesin kreatifitas merupakan produk sekaligus pembaharuan yang kita dapatkan. Ibarat pepatah mengatakan “ Imajinasi akan membawa kita kemana-mana, sedangkan logika akan membawa kita dari A – Z.

Tapi bagi beberapa orang ada yang beranggapan kalau membuat daftar terlalu membatasi pikiran kreatif kita. Tapi anggapan ini tak semuanya benar. Karena sebuah list bisa menjadi patokan buat kiat dalam menjalankan tugas. Banyak orang melakukan analisis pemikiran yang kreatif bermula dengan menggunakan daftar list sebagai peta jalan mental. Dengan membiasakan diri untuk berpikiran kreatif pasti mampu menemukan solusi jika menghadapi masalah di kemudian hari.

4. Jangan Menutup Pintu Kreativitas


Apa yang akan kita lakukan harusnya kita rancang dengan satu konsep yang bagus. Rancangan konsep ini bisa letakkan dalam draft pendahuluan. Hal ini bisa menginspirasi klien agar masuk ke jalan pikiran kita. Ketika kita jadi penulis jangan berhenti buat mengedit agar kita bisa melepaskan ide-ide yang bagus ke dalamnya. Intinya biarkan pintu kreativitas terbuka lebar agar maju dan berkembang.

5. Menjaga Pandangan Tetap Luas


Jika kita memiliki bisnis tentu menginginkan bisnis itu bisa berkembang dengan baik. Bisa tahan terhadap segala pukulan, sesuai dengan tuntutan dan tentunya bisa mengukir jalur baru sesuai keinginan klien. Banyak seniman yang telah membuktikan kalau berpikiran kreatif itu tidak terpaku hanya pada satu sumber saja. Satu analisis pemikiran yang kreatif butuh imajinasi yang luas dan juga fakta yang tak terbatas.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon