Minggu, 25 Maret 2018

7 Tips Meningkatkan Kemampuan Leadership


Memimpin sebuah perusahaan atau organisasi bukanlah hal yang mudah dilakukan,Terlebih jika tidak memiliki jiwa leadership atau kepemimpinan. Ada banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi sosok pemimpin yang baik. hal ini sangat penting karena sangat menentukan kesuksesan dari kerja tim dan perusahaan maupun organisasi. Untuk itu, pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai tips meningkatkan kemampuan leadership

Perbedaan Leader dan Leadership


Sebelum membahas mengenai  tips meningkatkan kemampuan Leadership, kita harus mengetahui apa perbedaan antara Leader dan Leadership. Antara Leader dan Leadership, merupakan hal yang berbeda. Leader merupakan seseorang yang memberikan arahan dan instruksi kepada anggota tim, sedangkan Leadership adalah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur dan mengelola suatu kegiatan.

Tips yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan kemampuan Leadership


Berikut ini beberapa  tips yang bisa di terapkan untuk meningkatkan kemampuan leadership yang ada pada diri Anda

1. Reward and Punishment


Reward and punishment adalah penghargaan dan hukuman. Ketika ada karyawan yang memiliki prestasi yang luar biasa, maka akan mendapatkan penghargaan. Sedangkan jika ada karyawan atau anggota tim yang kerjanya kurang memuaskan, maka ia tidak segan untuk memberi hukuman. Saat itulah terjadi sebuah dinamika pro dan kontra, namun cara ini sangat efektif karena dapat membuat karyawan semakin bersemangat.

2. Jadilah Seorang Mentor, Bukan Mandor


Mentor dengan mandor itu sangat berbeda. Mentor akan selalu mendidik dan mengarahkan karyawan, sehingga jika karyawan melakukan kesalahan, Anda akan meluruskan. Sedangkan mandor lebih menuntut karyawan untuk tidak melakukan kesalahan dan cenderung selalu menyalahkan. Inilah yang disebut cara leadership seperti mentor bukan seperti mandor.

Untuk itu guna meningkatkan kemampuan leadership, Anda rangkul dan didik anggota Anda menuju arah yang lebih baik. begitu pula dalam sebuah organisasi, dalam melakukan kepemimpinan Anda harus mampu bekerja sama dan dapat bersinergi satu sama lain. Hal inilah yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam melakukan kepemimpinan.

3. Berikan Motivasi Kepada Tim


Hampir tidak mungkin setiap orang selalu bersemangat setiap harinya, karena setiap orang pasti memiliki masalah yang membuat semangat kerja menurun. Saat itulah peran Anda sebagai pemimpin untuk memberi motivasi kepada tim. Hal ini sangat penting karena setiap orang butuh motivasi. Jadi, sebagai pemimpin yang baik, Anda harus lebih dekat dengan seluruh anggota  tim, sehingga Anda akan selalu dikenang dan disenangi oleh anggota tim Anda.

4. Bersikap Terbuka Kepada Tim


Selain selalu memberi motivasi kepada anggota tim, seorang pemimpin yang baik adalah selalu bersikap terbuka. Anda harus mau menerima kritik, saran dan gagasan dari rekan kerja Anda.  Dengan selalu terbuka dengan rekan kerja tentunya hal ini sangat membantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam tim Anda.

5. Berikan Tanggung Jawab Kepada Tim


Memberikan kepercayaan kepada anggota tim memang sedikit berat, terlebih kita memiliki anggota tim yang kurang berkompetensi lebih. Tetapi percayalah jika memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada mereka bisa membuat mereka semakin bersemangat dan senang, sehingga menumbuhkan rasa saling percaya antara pimpinan dan anggota tim. Selain itu memberikan tanggung jawab juga dapat menjadikan mereka lebih mandiri dan menjadi lebih baik lagi.

6. Menjadi Sosok Inspiratif


Dalam sebuah tim, tentu membutuhkan sosok inspiratif yang mampu memompa semangat ketika bekerja, itulah yang menjadi tugas seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang baik harus mampu memberikan motivasi dan inspirasi kepada anggota tim yang lain serta menyalurkan passion yang dimilikinya. Dengan demikian, ketika tim menghadapi kendala, maka mereka akan melakukan hal yang sama dengan Anda dan percaya dengan kemampuannya untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Berpikir Visioner


Tips meningkatkan kemampuan leadership yang terakhir adalah dengan berfikir secara visioner. Seorang pemimpin yang baik selalu memiliki visi dan plan ke depan, dengan demikian Anda mampu membuktikan kepada mereka bahwa Anda memang sosok pemimpin yang memiliki visi masa depan. Pemimpin yang demikian akan lebih dipercaya daripada yang tidak memiliki visi untuk maju. Tentunya dengan menawarkan visi tersebut anggota tim yang lain kan merasa senang dan bekerja dengan maksimal untuk mencapai target bersama.

Dengan tips meningkatkan kemampuan leadership ini semoga mampu menambah kemampuan Anda dalam menjalankan tugas serta sukses sebagai seseorang pemimpin yang baik dan disegani.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon