Selasa, 20 Maret 2018

Anda Ingin Sukses? Ketahuilah Tips Membangun Personal Branding



Personal branding atau merek pribadi adalah satu hal yang sangat penting, dan syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang. Tidak semua orang memiliki merek pribadi yang bagus, tapi kebanyakan orang sukses pasti memiliki merek pribadi yang bagus. Merek pribadi adalah potret diri bagaimana orang mengenal kita, bagaimana orang bisa melihat perbedaan diri kita dibanding orang lain.

Potret atau merek diri itu menyangkut kemampuan, kepribadian, keahlian dan keunikan yang membedakan kita dengan orang lain.

Merek pribadi di dunia kerja adalah proses untuk menjadikan diri kita terlihat dan terpilih di antara sekian banyak kandidat/calon pekerja. Jika kita lalai atau tidak membangun personal brand yang kuat, maka kita akan dianggap sama dengan orang yang lain.

Akibatnya kita akan mudah tersingkir atau tergantikan oleh orang lain di karier /pekerjaan serta rawan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Tips Membangun Personal Branding


Masih banyak orang yang belum bisa memunculkan merek pribadinya. Banyak dari mereka yang bekerja bukan pada bidang yang diminati. Mereka yang tidak peduli dengan brand, intinya kerja dan dapat uang. Tidak penting dikenal sebagai apa. Namun jika Anda ingin membangun personal brand, Anda bisa melanjutkan membaca tulisan ini. Berikut ini merupakan tips membangun personal branding.

1. Tentukan Tujuan


Sebelum melangkah lebih jauh dengan personal brand, tentukan tujuan Anda. Tujuan harus bersifat jangka panjang, ambisius, dan spesifik. Misalnya, Menjadi figur yang menjadi referensi atau dikenal sebagai ahli di bidang kecantikan. Ketika membangun suatu tujuan, Anda harus melihat bagaimana orang yang Anda gemari menampilkan diri mereka secara online. Hal ini termasuk bagaimana ia menyampaikan idenya melalui tulisannya, videonya, hingga fotonya.


2. Perjelas Apa Yang Membuatmu Berbeda Dengan Orang Lain


Agar dihormati di suatu perusahaan, kamu harus memiliki nilai unik yang mudah diingat orang dan tentunya berhubungan dengan misi perusahaanmu. Banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas apa yang membuat mereka berbeda dari orang lain. Inilah salah satu alasan mengapa mereka tidak kunjung mendapatkan pekerjaan atau promosi. Menjadi unik dari yang lain agar terlihat menonjol adalah hal yang penting. Anda harus meluangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang dapat membuatmu berbeda dari teman-temanmu.


3. Mintalah Umpan Balik


Mengetahui apa yang orang lain rasakan saat berinteraksi denganmu juga merupakan hal yang penting. Mintalah teman dekat atau rekan kerjamu untuk menuliskan 3-5 hal yang mereka rasakan saat berinteraksi denganmu. Mengetahui bagaimana orang lain memandangmu sangatlah penting karena hal ini akan memungkinkanmu untuk mulai mengirim pesan yang tepat untuk audiensmu. Memiliki personal merek pribadi yang jelas merupakan suatu persyaratan untuk posisi kepemimpinan.


4. Buat Konten Yang Otentik Dan Bernilai


Menemukan keunikan diri saja tidak cukup. Setelah itu, Anda harus melangkah lebih jauh dengan memasarkan personal brand yang telah Anda tentukan di langkah sebelumnya. Komunikasikan dan pasarkan semua nilai dari personal brand Anda melalui konten-konten yang berkualitas.


5. Gunakan Media Sosial Secara Efektif


Gunakan media sosial untuk mempromosikan dirimu kepada para audiens targetmu, usahakan untuk menulis di blog tiap minggu. Selain itu lakukan posting beberapa kali dalam seminggu pada media sosial dengan topik sesuai dengan audiensmu. Jejaring sosial berperan besar dalam mempromosikan brandmu secara pribadi. Aktiflah dalam jejaring sosial seperti ikut memberikan ceramah atau memberikan tawaran untuk ikut serta pada proyek yang kamu pimpin.


6. Konsisten


Konsistensi adalah kata kunci dalam membangun personal brand. Dengan mempraktikan konsistensi maka Anda telah membuktikan kalau Anda pantang menyerah dan dipastikan Anda akan memetik buahnya. Segala sesuatu yang kamu lakukan atau posting di media sosial pada akhirnya memberikan kontribusi untuk personal branding. Setelah kamu mengetahui dengan jelas tentang merek pribadimu Anda harus selalu konsisten dengan brandmu.


7. Berikan Bukti-Bukti Portofolio Tentang Brand Yang Anda Bangun


Cara memperkuat personal brand adalah memberikan bukti-bukti portofolio tentang brand yang kita bangun. Apabila Anda ingin membangun brand sebagai penulis, maka Anda harus membuktikannya dengan menulis untuk blog, dan media online lainnya. Itulah yang kemudian menjadi portofolio yang membangun brand Anda. Jika Anda ingin menjadi seoran trainer, maka perbanyaklah portofolio berupa buku, video, audio, atau tulisan-tulisan tentang bidang Anda. Kalau fotografer, maka tampilkanlah foto-foto terbaik yang pernah Anda dapatkan sehingga membantu Anda dalam membangun kepercayaan.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon