Rabu, 04 April 2018

Inilah 7 Tips Untuk Merancang Komunikasi Internal Yang Efektif


Kekuatan sebuah tim kerja merupakan refleksi dari kuatnya komunikasi internal yang di miliki tim Anda. Ketika anda membuat kebijakan dan praktik komunikasi yang tidak strategis, tentu memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja tim. Tetapi jangan sampai hal ini membuat anda ragu untuk membuat perbaikan. Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian informasi pada tujuan yang ingin di capai. Komunikasi juga sebuah strategi yang bisa anda jalankan dalam proses mengambil keputusan, program kerja, dan rencana yang akan diwujudkan.

Semua itu membutuhkan kerja sama yang baik antar pribadi maupun tim. Maka dari itu, setiap individu dalam satu perusahaan sangat penting untuk berkomunikasi dengan baik agar mencapai tujuan yang di tetapkan secara efektif dan efisien. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk merancang komunikasi internal yang efektif.

1. Menganalisis Metode Dan Susunan Struktur Kantor


Pahami sesuatu yang dapat membuat tim kerja anda menjadi lebih baik. Anda bisa meningkatkan hal tersebut jika anda bisa mengenali masalah dan dapat memperbaiki metodenya. Buat daftar pedoman yang saat ini anda gunakan untuk komunikasi internal dan pahami mana yang paling banyak anda gunakan. Pertimbangkan apa yang harus di kesampingkan oleh karyawan dari departemen mereka dan melakukan kerja bersama dengan departemen lain. Karyawan juga harus melakukan hal untuk dapat mengurangi gangguan yang ada.

2. Mendorong Karyawan Untuk Lebih Berbaur


Tips selanjutnya untuk merancang komunikasi internal yang efektif adalah anda harus mendorong karyawan untuk berbaur. Pertimbangkan untuk pergi ke suatu tempat rekreasi agar dapat mendorong karyawan untuk berbaur ketika ada waktu istirahat. Hal ini dimaksud untuk mendapatkan ide-ide sekaligus membentuk hubungan yang lebih erat di tempat kerja.

Anda juga bisa melakukan agenda pertemuan dengan karyawan secara teratur. Buat karyawan anda memahami status pekerjaan, proyek, dan struktur tim secara keseluruhan. Tentu saja anda akan meningkatkan komunikasi dengan cara ini, karena karyawan seolah mendengar Anda ketika sedang rapat.

3. Membangun Platform Yang Mudah Untuk Digunakan


Agar dapat berkomunikasi secara efektif, sangat penting untuk dapat memiliki platform yang efisien dan mudah di akses oleh tim Anda. Saat tim Anda pergi atau tidak ada di kantor, chatting bisa menjadi cara praktis untuk berkomunikasi. Yang di mana mereka selalu siap dengan perangkat yang berada di tangan mereka.

Apabila karyawan ingin berkomunikasi dengan cara ini, ada baiknya Anda berinvestasi untuk membantu mereka tetap terhubung. Sudah banyak perusahaan yang dapat membantu rencana untuk pembelian ponsel atau membantu mendapat diskon untuk rencana pembelian. Jika anda siap untuk membantu, maka karyawan akan lebih siap dan tidak ada hambatan dalam berkomunikasi melalui perangkat ponsel.

4. Menjaga Tim Agar Tetap Fokus


Untuk menjaga agar tim tetap fokus, anda bisa menerbitkan pengumuman rutin lewat e-mail untuk menjaga tim anda tetap fokus dan semangat dalam bekerja. Anda juga bisa memberi ucapan selamat ulang tahun atau ucapan lain yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan semangat bekerja dan Anda lebih terlibat dengan karyawan baik secara langsung maupun tidak.

5. Sesuaikan Dengan Situasi Dan Kondisi Yang Ada


Situasi di sini maksudnya adalah situasi komunikasi saat informasi yang Anda sampaikan dapat di terima sesuai tujuan yang ingin di sampaikan. Tentu saja hal ini akan mendukung komunikasi efektif apabila informasi yang Anda sampaikan sesuai dengan harapan. Begitu pula halnya dengan kondisi, tentu saja hal ini mempengaruhi serta mendukung efektifnya komunikasi.

6. Menyediakan Kotak Saran


Selalu ada cari bagi karyawan dalam memberikan umpan balik tentang perusahaan, kepemimpinan, dan kebijakan Anda. Tentu anda harus memberikan kotak saran di tempat yang mana bisa di lihat oleh semua karyawan. Apabila karyawan merasa tidak di dengarkan pendapatnya, karyawan akan mengabaikan masalah bahkan bisa juga tidak menyadari masalah yang ada.

7. Menjaga Dokumen Perusahaan


Di jaman yang semakin maju, kini sudah tersedia cloud computing. Dan sudah banyak website yang menyediakan layanan ini. Tips terakhir untuk merancang komunikasi internal yang efektif adalah anda harus menggunakan teknologi cloud computing. Teknologi ini bisa Anda gunakan dalam menyimpan dokumen yang penting untuk dapat di akses oleh karyawan. Anda bisa mendorong tim kerja Anda untuk bisa menjaga hal-hal yang penting dan berguna bagi anggota lain dari tim Anda.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon