Senin, 09 April 2018

Kurang Motivasi Saat Bekerja? Isi Ulang Motivasi Di Tempat Kerja Dengan Cara Ini


Motivasi kerja merupakan sebuah dorongan yang dapat membuat seseorang memiliki semangat kerja yang tinggi. Motivasi kerja memiliki dua jenis, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Yang dinamakan motivasi intrinsik merupakan motivasi yang ada dalam diri sendiri, sedangkan ekstrinsik merupakan motivasi yang muncul dari luar. Misal dari teman atau dari orang-orang yang sukses.

Faktor Yang Menyebabkan Motivasi Di Tempat Kerja Meningkat


Terciptanya motivasi yang tinggi pasti di pengaruhi oleh dua faktor. Yaitu faktor internal dan eksternal.

1. Faktor Internal


Salah satu alasan orang mencari pekerjaan dan bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena biaya hidup yang besar dapat membuat seseorang bekerja dengan giat agar mendapatkan gaji yang besar. Karyawan juga harus mengerjakan sesuatu yang di tekuni sesuai dengan minat. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan motivasi di tempat kerja.

Seseorang yang menikmati pekerjaan akan terlihat seperti orang yang bermain daripada orang yang bekerja. Selanjutnya, karyawan harus berani dalam menghadapi tantangan. Karena motivasi yang tinggi bisa menjadi senjata dalam melawan rasa takut pada tantangan. Saat seseorang gagal dalam pekerjaan, ada kesempatan lainnya untuk mencoba dan harus fokus terhadap tujuannya. Untuk itu, seorang karyawan harus selalu berpikir positif.

2. Faktor Eksternal


Faktor eksternal yang dapat meningkatkan motivasi di tempat kerja adalah gaji yang besar. Karena setiap orang ingin mendapat gaji yang besar, dan sebagai karyawan harus bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga atasan akan menaikkan gaji karyawan.

Selain itu, dengan kerja karyawan yang giat dan hasil yang bagus, maka karyawan akan di puji oleh atasan. Suasana di tempat kerja yang nyaman juga akan meningkatkan motivasi di tempat kerja. Karyawan juga akan merasa betah dengan suasana kerja yang nyaman.

Cara Meningkatkan Motivasi di Tempat Kerja


Jika Anda seorang atasan, Anda mungkin harus mengetahui cara ini untuk dapat meningkatkan motivasi sekaligus membuat karyawan betah untuk bekerja.

1. Sediakan Lingkungan Tempat Kerja Yang Terbaik


Buatlah suasana yang santai di dalam lingkungan kerja. Karena lingkungan kerja yang nyaman merupakan hal yang penting untuk meningkatkan hasil kerja yang tinggi. Lingkungan kerja bisa berupa fasilitas kerja dan suasana kerja yang baik. Berikan juga peralatan kerja yang pantas untuk karyawan agar dapat melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien.

2. Memberi Semangat Dan Dukungan Kepada Karyawan


Berikan semangat kepada karyawan agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Hal ini tentu saja agar dapat menghindari karyawan dari stres. Pacu semangat karyawan agar dapat mencari solusi dengan sendiri. Jika mereka benar-benar membutuhkan bantuan, Anda turun tangan untuk memberikan bantuan. Yakinkan pada mereka bahwa Anda selalu mendukung mereka dalam melakukan pekerjaan.

Dengan cara ini, atasan akan dapat membentuk mental karyawan sekaligus melatih rasa percaya diri pada karyawan. Berikan juga tantangan dan ruang kerja yang bebas pada mereka, agar dapat mengembangkan kreativitas karyawan. Hal ini berguna untuk perkembangan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Memberi Target Yang Sesuai Dengan Kemampuan Karyawan


Atasan harus memahami secara garis besar kemampuan personal setiap karyawan. Dan Anda juga harus tahu apa yang atasan inginkan dari karyawan. Dengan ini, tentu saja menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan dapat mencapai target yang di tetapkan. Selain itu tercipta kepuasan kerja karena setiap karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target.

4. Dengarkan Saran Dari Karyawan


Jangan egois dan menganggap diri Anda yang paling hebat meskipun Anda seorang atasan. Sebagai atasan yang baik, Anda harus mendengarkan setiap saran yang ada pada karyawan. Dengan Anda mendengarkan saran dari karyawan, Anda dapat memahami harapan dan keinginan mereka terhadap pekerjaan. Selain itu Anda juga bisa mendapat ide fantastis yang dapat di gunakan demi kepentingan perusahaan.

5. Beri Pujian dan Hadiah Atas Keberhasilan Karyawan


Setiap orang senang mendapatkan pujian, termasuk juga karyawan. Pujian yang tepat bisa memberikan semangat dan motivasi agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Anda juga bisa memberikan hadiah atas keberhasilan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Memberi penghargaan secara finansial juga hal yang penting. Namun, yang perlu Anda ingat adalah karyawan yang mengharapkan bonus yang terlalu tinggi dapat menyebabkan karyawan putus asa. Karena jumlah bonus mereka tidak sesuai harapan.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon