Senin, 02 April 2018

Penjelasan Umum Tentang Pelayanan Bintang 5 (5-Star Service Excellence)


Pelayanan terhadap tamu merupakan salah satu hal yang cukup berpengaruh pada kelangsungan bisnis yang anda jalani. Hal ini dikarenakan konsumen merupakan sumber penghasilan utama dalam bisnis. Maka dari itu untuk meningkatkan pelayanan, hal ini penting anda lakukan agar bisnis yang anda jalani bisa terus bertahan. Salah satu jenis pelayanan yang bisa anda coba untuk mensukseskan bisnis adalah model pelayanan bintang 5. Dan berikut penjelasannya.

Apa Itu 5-Star Service Excellence?


5-star service excellence merupakan pelayanan nomer 1 dan terbaik. Meski sudah banyak digunakan, nyatanya pelayanan ini memang mampu meningkatkan pendapatan bisnis beberapa orang. 5-star service excellence mencerminkan kesempurnaan dalam hal pelayanan kepada konsumen. Bahkan persentase tamu yang puas dengan pelayanan ini bisa dibilang cukup banyak. Hal ini pula yang akan mendatangkan testimoni positif pada perusahaan anda.

Tujuan Serta Manfaat Pelatihan 


Seperti model pelayanan lain, 5 star excellence juga memiliki beberapa tujuan dan manfaat yang harus di dapatkan oleh peserta ketika mengikuti pelatihan. Tujuan dan manfaat dari pelatihan tersebut antara lain yang  pertama adalah peserta pelatihan diharapkan mampu memahami bagaimana teknik dalam melakukan pelayanan bintang lima kepada tamu atau customer mereka. Yang kedua, peserta diharapkan dapat memiliki kemampuan yang meliputi sikap atau kepribadian agar mampu memberikan pelayanan bintang 5 kepada pelanggan. Tujuan serta manfaat yang terakhir adalah peserta training diharapkan mampu untuk mengelola dan menghadapi segala keluhan dari customer yang disesuaikan dengan konsep 5 star excellence.

Materi Yang Diberikan Saat Pelatihan


Materi pelatihan terdiri dari 6 poin yaitu tentang apa itu pelayanan, standar pelayanan, grooming, komunikasi dalam pelayanan, cara menangani pengaduan konsumen, diskusi dan praktek langsung. Untuk poin “tentang apa itu pelayanan” terdiri dari konsep dasar pelayanan, arti penting dari pelayanan, serta memahami bahwa pelayanan merupakan tanggung jawab semua pihak. Tidak hanya itu, terdapat pula cara mengenali perilaku maupun karakter setiap tamu yang datang. Poin “standar pelayanan” terdiri dari ciri dan kriteria 5-star service excellence, memahami aturan serta etika dalam pelayanan, dan bagaimana membentuk mentalitas dalam pelayanan bintang 5. Grooming akan membahas pentingnya pelayanan sebagai cermin dari sebuah perusahaan dan etika kerja yang harus dimiliki setiap karyawan.

Poin “komunikasi dalam pelayanan” terdiri dari komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal membahas tentang etika dan teknik penerapan nya dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan standar pelayanan bintang 5. Sedangkan komunikasi non verbal terdiri dari komponen, etika berkomunikasi, dan teknik penerapannya. Poin “cara menangani pengaduan konsumen” terdiri dari pengertian, penyebab, serta manfaat dari keluhan tamu. Tidak hanya itu anda pun akan diberi tahu bagaimana cara menangani dan memberikan solusi terhadap keluhan yang diberikan oleh pihak konsumen. Dan poin yang terakhir adalah diskusi dan praktek langsung.

Target Yang Harus Didapat Oleh Peserta Training


Adapun target yang ditetapkan untuk peserta training yaitu pimpinan, manager, dan semua staf perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar semua yang ikut andil dalam kemajuan perusahaan dapat bersinergi dengan baik. Selain itu target lain peserta pelatihan adalah mereka yang ingin meningkatkan kemampuan dalam hal pelayanan. Tidak hanya itu pelatihan ini juga terbuka untuk anda yang ingin tahu seperti apa model pelatihan bintang 5 ini.

Metode Pelatihan 5 Star Excellence


Metode pelatihan 5-star service excellence terdiri dari beberapa tahap. Tahap yang pertama adalah penyampaian konsep. Disini anda akan dijelaskan terlebih dahulu tentang bagaimana konsep dari 5 star excellence tersebut. Setelah konsep sudah tersampaikan dengan baik kita masuk tahap kedua yaitu diskusi kelompok. Di tahap ini anda akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan peserta lain secara berkelompok. Dengan begitu anda akan bisa melakukan sharing atau bertukar ide dengan mereka.

Setelah tahap diskusi, anda akan masuk tahap latihan dimana pada tahap ini anda akan diberitahu bagaimana cara melakukan pelayanan bintang 5 dengan baik. Saat tahap latihan tentunya anda akan dipandu oleh trainer profesional yang sudah ahli dalam model pelayanan ini. Maka dari itu saat latihan, usahakan peserta memperhatikan dengan baik agar proses latihan dapat berjalan dengan baik dan ilmu yang didapat dapat di aplikasikan dengan baik. Tahap yang terakhir adalah studi kasus. Pada tahap studi kasus anda akan diberitahu tentang apa saja kasus yang sering dijumpai saat berhadapan dengan konsumen. Dengan begitu kelak anda tidak akan bingung ketika menghadapi konsumen dengan karakter yang berbeda karena anda sudah mengikuti training sebelumnya.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon