Sabtu, 05 Mei 2018

7 Tahapan Menuju Kemampuan Kepemimpinan Yang Efektif Dalam Suatu Kelompok



Menjadi seorang pemimpin (Leader)  dalam suatu kelompok organisasi maupun komunitas formal atau non formal memang tidaklah mudah. Seorang pemimpin yang baik adalah yang mampu mengemban dan menjalankan amanah sesuai kesepakatan bersama dalam organisasi atau komunitas. Pemimpin pada dasarnya adalah seorang yang ditunjuk oleh suatu perkumpulan masa untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengkondisikan suatu perkumpulan tersebut.

Seorang pemimpin  yang ditunjuk  dari hasil keputusan bersama dalam musyawarah untuk diberi tanggung jawab mengelola suatu  perkumpulan masa atau organisasi. Seorang  pemimpin harus  bersifat yang tegas, terampil, cekatan, berwibawa serta berani mengambil keputusan, dan menguasai problem solving (pemecahan masalah).

Setiap orang pun berhak menjadi atau memimpin suatu organisasi atau komunitas asalkan bertanggung jawab. Berikut ini adalah sekumpulan teori untuk menunjang kemampuan kepemimpinan yang efektif bagi para pelaku organisasi / komunitas formal maupun non formal.

1. Pemberian Perintah Secara Jelas

Dalam memberikan perintah kepada anak buahnya haruslah secara tegas dan jelas untuk menghindari kesalahan komunikasi yang berdampak fatal bagi organisasi. Pemberian tugas terhadap anak buahnya jangan terlalu banyak  dan menyesuaikan dengan situasi serta kondisi yang ada. Yang terpenting adalah dengan bahasa yang sopan, santun, dan tegas untuk menjaga image seorang pemimpin.

 

2. Memberikan Peringatan Bagi Yang Melanggar

Suatu perusahaan atau organisasi, tentu ada   pelanggaran yang dilakukan orang yang ada dalam organisasi atau perusahaan tersebut, dengan sengaja maupun tidak.  Tugas seorang leadership atau pimpinan tentu memberi peringatan kepada pelanggar jika memang terbukti bersalah dan merugikan perusahaan atau organisasi. Tugas seorang pimpinan dalam memberikan teguran secara tegas sebagai peringatan anak buah sebagai evaluasi.  Karena berdampak merugikan nama baik kelompok .

 

3. Memberikan Pujian Atau Dukungan

Menuju  kemampuan kepemimpinan yang efektif  demi memajukan nama komunitas harus didukung oleh kemampuan team  yang kompak untuk sebuah nama baik. Seiring berjalannya proses berorganisasi ada baiknya berikan dukungan,  pujian kepada anak buah anda untuk membangkitkan gairah kinerjanya. Pemberian dukungan/pujian bisa berupa perhatian atas prestasi atau kinerja para bawahan atau anak buah dalam organisasi.

 

4. Menjaga Tingkah Laku Dan Kepribadian

Seorang pemimpin tentunya menjadi contoh atau tauladan bagi team atau anak buahnya,  sebab pemimpin merupakan garda depan sebuah organisasi. Jika pemimpin tidak bisa memberikan contoh perilaku yang baik tentunya akan menciptakan contoh yang buruk terhadap anak buahnya atau sebaliknya. Perilaku atau kepribadian seorang pemimpin adalah sebuah cerminan bagi  bawahannya dalam suatu kelompok dan bagian dari kualitas suatu organisasi.

 

5. Menerima Kritik Dan Saran

Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yang efektif  tentunya kritik dan saran juga sangat dibutuhkan demi pencapaian suatu organisasi atau komunitas. Sebuah kritikan yang dilontarkan dari anak buah harus diterima dengan lapang dada sebagai evaluasi atau pembelajaran untuk kedepannya. Mampu memilah dan memilih berbagai macam kritikan dan saran yang diutarakan dari bawahan. Kritik dan saran yang membangun diterapkan, yang dirasa tidak baik ditinggalkan sebagai evaluasi diri.

 

6. Mampu Membangkitkan Rasa Kesatuan

Suatu organisasi/komunitas tidak akan menjadi besar atau sesuai target yang diinginkan tanpa mementingkan unsur yang satu ini yaitu rasa kesatuan. Sudah menjadi tugas dan kewajiban pemimpin untuk menjaga integritasnya dalam menjaga nama kelompoknya menuju  satu pemikiran dan visi, misi demi tercapainya satu tujuan. Jika salah satu unsur hilang atau dilupakan maka organisasi yang anda pimpin akan terpecah belah karena berbeda pemikiran (idealis) dalam satu team.

 

7. Menciptakan Prinsip Disiplin Dan Etos Kerja

Disiplin merupakan prinsip yang tidak boleh ditinggalkan dalam menciptakan etos kerja dalam suatu organisasi yang anda pimpin demi  sebuah target yang terpenuhi. Pemimpin yang baik mampu menerapkan prinsip disiplin dalam sebuah sistem kerja organisasi menjadi suatu kebiasaan dalam satu team anda. Dengan menerapkan sistem kerja disiplin dalam kelompok dapat menghindari dari perselisihan, kecerobohan, keterlambatan , pemborosan dan segala hambatan dalam suatu kelompok.

Itulah tips-tips yang terangkum untuk menunjang kemampuan kepemimpinan yang efektif, bahwasanya setiap orang berhak untuk menjadi pemimpin suatu kelompok, tergantung kepribadiannya masing-masing. Yang terpenting seorang mempunyai kemauan yang keras untuk berproses dan belajar untuk memikul amanat sebagai pemimpin. Demi mencapai kesolidan, kekompakan  untuk membuahkan hasil yang bermanfaat.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon